PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

CINTA TANAH AIR

Sebagai anak indonesia, kita harus bangga memakai produk buatan indonesia. indonesia memiliki buatan dalam negeri yang baik. sepatu kita telah di jual keluar negeri, seperti ke amerika serikat,eropa,meksiko,jepang, dan negara-negara lainnya. setiap tahun jumlahnya juga semakin menin.

Dari sabang sampai merauke kita memiliki banyak kerajinan tangan. seperti batik,tas tangan, perhiasan perak,mutiara, batau, kerajinan dan jati, dan lain-laian. banyak orang luar negeri yang kagum pada kekayaan kerajinan tangan bangsa kita. jika orang luar negeri saja mau belajar tentang kebudayaan kita bagaimana dengan anak bangsanya sendiri ? apakah masih mau mempelajarinya ?

Dibidang lain, indonesia juga memiliki banyak produk yang patut di banggakan. seperti musik tradisionalnya, musik tradisional indonesia kini sudah merambah ke mancanegara seperti singapura, malaysia dan negeri tetangga lainnya.  tidak sedikit orang luar negeri / turis asing datang ke indonesia hanya ingin melihat pentas musik tradisional asli indonesia dan tidak sedik pula dari mereka ingin mempelajarinya. alat musik yang sering mereka tonton dan pelajarinya seperti gamelan, angklung, gendang , dan lain- lain.

Sebaiknya, kita meniru sikap orang jepang atau korea. mereka amat bangga menggunakan produknya sendiri dan terusmelestarikan kebudayaan mereka, dan tidak pernah bangga memeakai barang yang bukan buiatan negaranya sendiri. jika orang jepang dan kore saja bangga memakai dan melestarikan kebudayaannya . bagaimana dengan kita sebagai warga negara indonesia yang beranaga ragam suku bangsa dan budayanya ? apakah anda masih tertarik untuk memaqkai dan melestarikan kebudayaan indonesia ?

Kita memiliki kekayaan yang melimpah. negara kita memiliki aneka tambang, dan jugamemiliki beragam flora dan fauna dan juga memiliki beraneka ragam suku bangsa. semua itu adalah kekaqyaan yang tiada duanya, tapi disisi lain bangsa kita juga tengah di rundung masalah, bahwa bangsa kita berkali-kali ditimpa bencana, mulai dari tsunami hingga banjir, dan yang tak akan pernah ada habisnya adalah kasus korupsi, semua hal ini membuat kita prihat5i dengan keadaan bangsa kita sekarang meskipun demikian bukan berarti kita berhenti untuk banggaterhadap indonesia karena kebanggaan kita tidak akan berhenti karna ada masala.

Kita harus tetap mengakui kelebihan dan kekurangan bangsa indonesia dan pada saat yang sama juga menerima kekurangan. bila kita menerima kekurangan bangsa kita kita bisa melakukan banyak hal untuk menutupi kekurangannya. kita menyadari bahwa saat ini indonesia tengah mangalami banyak masalah. mulai dari lingkungan yang kurang aman, pendidikan yang kurang merata, lalu apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki tanah air kita agar  lebih baik ?

mulailah dari hal kecil

buanglah sampah pada tempatnya atau simpanlah sampai kamu menemukannya,kalau kamu melakukannya kamu sudah membantu indonesia menjadi lebih bersih dan rapi

mulai dari diri sendiri

kita harus akui kalau kita sulit mengubah perilaku orang. tapi, kita bisa mengubah perilaku kita sendiri. bagaimana caranya? mulailah ramah pada orang lain. kalau bertemu dengan orang lain, tersenyumlah dengan manis, berkatalah deengan sopan, saat kamu mengantri, mengantrilah dengan baik jangan menyerobot, jika ini kamu lakukan, maka orang luar juga akan memandang bahwa ada orang indonesia juga akan terlihat rapi dan disiplin.

mulailah dari sekarang

jika ingin melakukan perubahan, kita harus melakukannya sekarang juga. semakin lama ditunda maka kita akan semakin malas, pada akhirnya kita malah akan lupa pada keinginan kita sendiri.

sebagai warga negara yang baik kita harus mendukung pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di indonesia. sikap mendukung tersebut dapat kita wujudkan melalui perilaku- perilaku sebagai berikut :

1. memahami semua kegiatan pemerintah yang berlangsung. pemahaman ini penting agar sikap kritis dari warga negara dapat tumbuh. dengan pemahaman ini pula maka pengawasan terhadap jalannya pemerintahan dapat berlangsung dengan efektif.

2. menaati dan mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkan ooleh pemerintah. dengan menaati serta mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkan berati kita sebagai warga negara menghargai sistem pemerintahan yang berjalan di indonesia. akan tetapi, sikap menaati dan mendukung ini harus tetap di imbangi dengan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan itu sendiri

3. melakukan pengawasan terhadap sistem pemerintahan. pengawasan harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.proses pengawasan selanjutnyadapat disertai dengan tindakan protes terhadap aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan tindakan anarkis

4. bersikap kritis terhadap sistem pemerintahan yang berlaku. sikap kritis terhadap sistem pemerintahan penting dilakukan agar pemerintah tetap memperhatikan kainginan-keinginan rakyat. akan tetapi, sikap kritis tersebut tidak boleh dilakukan dengan caraq mencari-cari kesalahan dari pemerintah demi kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

~ oleh Rian Jagat pada Februari 21, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: