SISTEM OPERASI

komputer terdiri dari elemen elektronika yang hanya mengenal dua keadaan yaitu arus positif dan arus negatif. karena hanya dua keadaan saja maka kerja dari peralatannya pun berupa kombinasi dari kedua keadaan tersebut, keadaan tersebut sering disimbolkan dengan angka 1 untuk positif dan 0 untuk angka negatif. sedangkan manusia dapat mengenal beraneka-ragam keadaan seperti huruf(A-Z dan a-z) dan angka (0-9).tetapi manusia membentuk komputer untuk menjadikan sebagai peralatan pembantu. dilihat perbedaan antara komputer dengan kerja pada manusia dan kepentingan manusia akankomputer, diperlukan suatu penghubung. penghubung tersebut merupakan suatu kebutuhan yang diinginkan oleh manusia untuk memermudah pemakaian komputer.

sistem operasi (operating sistem) merupakan suatu modul dasar dari sistem software yang dibuat oleh perancang komputer yang bersangkutan. pembuatan sistem operasi di utamakan untuk kemudahan pemakaian komputer dalam pengkodean. pengkodean tersebut di gunakan sebagai penghubung dari kode yang dikenal oleh komputer dengan kode yang dikenal oleh manusia.

dengan perjalanan waktu sistem operasi semakin berkembang, pada saat ini, sistem operasi tersebut bukan saja berfungsi sebagai jembatan penghubung sistem pengkodean manusia dengan mesin, tetapi sistem operasi tersebut sudah dapat mendeteksi kesalahan manusia dalam memberi perintah kepada komputer secara intensif

dari sistem operasi, terdapat dua kategori yaitu:

  • sistem operasi yang berada di dalam komputer (resident routine) yang letaknya pada ROOM (read only memory) dan RAM (random acces memory).
  • sistem operasi yang berada di luar komputer (transient routine)yang terletak pada memory eksternal seperti ;

– tape dikenal sebagai TOS (tape operating system)

– disk dikenal sebagai DOS (disk operating system)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s