.NET framework

NET framework

.NET framework merupakan suatu komponen windows yang terintegrasi yangdi buat dengan tujuan pengembangan berbagai macam aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi XML web service.

keuntungan menggunakan .NET framework

1. mudah yang di maksud mudah disini adalah kemudahan developer untuk membuat aplikasi yang dijalankan di .NET framework mendukung lebih dari 20 bahasa pemrograman :VB.NET, C#,J#, C++, pascal, (rhon python), PHP (phlager).

2. efisien. kemudahan pada saat proses pembuatan aplikasi, akan berimplikasi terhadap efisiensi dari suatu proses produktivitas, baik efisien dalam hal waktu pembuatan aplikasi atau juga efisien dalam hal lain, seperti biaya (cost).

3. konsisten. kemudahan-kemudahan pada saat proses pembuatan aplikasi, juga bisa berimplikasi terhadap konsistensi pada aplikasi yang kita buat, misalnya, dengan adanya base class library, maka kita bisa menggunakan objek atau class yang dibuat untuk aplikasi berbasis windows pada aplikasi berbasis web. dengan adanya kode yang bisa di integrasikan ke dalam berbagai macam aplikasi ini, maka konsistensi kode – kod aplikasi kita dapat terjaga.

4. produktifitas. semua kemudahan – kemudahan di atas, pada akhirnya akan membuat produktifitas menjadi lebih baik. produktifitasnaik, terutama produktifitas para developer, akan berdampak pada meningkanya produktifitas suatu perusahaan atau project.

apa sih .NET framework ?

.NET framework merupakan suatu kumpulan base class atau juga merupakan suatu set class library untuk mendevelop suatu program. hal ini merupakan sesuatu yang baru dan secara revolusioner merubah cara untuk membuat suatu aplikasi. sehingga suatu aplikasi tidak memerlukan banyak class tambahan untuk melakukan suatu operasi tertentu, misalnya untuk berhubungan dengan perangkat printer, input device, dll. sehingga akan mempercepat kerja program karena tidak perlu lagi untuk meload suatu library dll tertentu. .NET framework pertama kali di perkenalkan ke publik oleh microsoft pada januari 2002, dimana pada saat itu microsoft sekaligus meluncurkan generasi terbaru IDE (integred development environtment) nya yaitu visual studio.NET atau juga di kenal dengan nama visual studio 2002

yang dengan gencarnya di gembar gemborkan oleh bill gates, sang bos perusahaan software nomor satu di dunia itu. di mana beliau mengatakan bahwa dengan adanya .NET framework akan merubah cara pandang orang dalam membuat suatu aplikasi. tidak akan ada lagi hambatan dalam hal type aplikasi, dan sistem yang digunakannya.

dengan .NET framework kita dapat membuat aplikasi windows, aplikasi web, web services, dll di berbagai sistem platform, bahkan di alat – alat mobile eperti PD dengan cepat dan mudah tanpa harus memikirkan bagaimana harus berinteraksi dengan hardware, sistemnya, dan tanpa harus mengubah code untuk disesuaikan dengan sistem platform tertentu. selama terdapat .NET framework pada sistem tersebut.

.NET framework didesain untuk memenuhi beberapa tujuan yaitu :

  • <!–[if ! supporlistts]–>pemrograman objek oriented yang konsisten dimana kode – kode object tersebut di simpan secara lokal dan dieksekusi secara lokal juga, namun memiliki kemampuan untuk di eksekusmelalui internet
  • <!–[if !supportlists]–>eksekusi kode yang meminimalkan konflik dengan sistem operasi dan perubahan versi software.
  • <!–[if !supportlists]–>eksekusi kode yang aman, yaitu dalam arti tidak dapat mengakses fungsi yang langsung mengakses ke sistem tetapi memiliki filter. hal ini untuk mencegah virus, spyware, dan maleware lainnya.
  • <!–[if !supportlists]–> meningkatkan kecepatan program yang mungkin di sebabkan oleh script yang dibuat.
  • <!–[if !supportlists]–><!–[endif]–>membuat suatpengalaman yang baru bagi para developer dengan mengintegrasikan berbagai tipe aplikasi mulai windows-based hingga web-based dalam satu framework.
  • <!–[if !supportlists]–><!–[endif]–> membuat suatu kode yang berdasarkan standart industri sehingga aplikasi yang berdasarkan .NET framework dapat di integrasikan dengan kode yang lainnya.

.NET framework open source

ada hal yang menarik disini, yaitu bahwa microsoft meluncurkan .NET framework untuk sistem operasi windows, tetapi mereka tidak mengatakan bahwa. .NET framework digunakan untuk membuat aplikasi pada sistem operasi windows. jadi selama pada suatu system platform tertentu memiliki .NET framework maka aplikasi yang di buat dapat berjalan dengan menggunakan .NET framework

microsoft .NET fram work 3.5 SP1

adalah sebuah komponen yang dapat di tambahkan ke sistem operasi microsoft windows atau yang telah di integrasikan ke dalam windows. kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar solusi – solusi program untuk memenuhi kebutuhan umum suatu program baru.

.NET framework adalah kunci penawaran utama dari microsoft, dan di maksudkan untuk di gunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform windows, sehingga terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak dapat kita jalankan karena pada operatyng system kita tidak memiliki microsof .NET framework

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s