Sistem Informasi Akuntansi Manual Rumah Sakit

Sistem Informasi Akuntansi Manual RS atau Standard Operating Procedure (SOP) akuntansi dibuat untuk meningkatkan akuntabilitas Rumah Sakit dan menjamin implementasi sistem dan prosedur dapat berjalan dengan baik, khususnya dalam bidang administrasi transaksi-transaksi yang berkaitan dengan keuangan.
Standard Operating Procedure (SOP) ini disusun secara sistematis dalam bentuk uraian penjelasan, flowchart (bagan alur); dan formulir-formulir. Beberapa pertimbangan yang menjadi dasar dalam penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) ini adalah:

1.Internal Control (kontrol internal), yaitu prosedur yang ada bisa menjamin terciptanya pengendalian dan meminimalisasi kemungkinan terjadinya berbagai kecurangan.

2.Efisiensi dan efektivitas, yaitu penggunaan formulir tidak perlu berlebihan dan harus dapat membantu terciptanya pengendalian.

3.Auditability. Artinya, proses akuntansi biasanya dimulai dengan analisis atas laporan keuangan. Sebaliknya, proses audit dimulai dengan analisis atas laporan keuangan hingga penelusuran bukti (formulir). Karena itu, Standard Operating Procedure (SOP) akuntansi yang dibuat untuk membantu kelancaran proses akuntansi yang memungkinkan agar laporan keuangan yang ada lebih “auditable”.

Kegiatan:
Kegiatan membuatan SIA Manual Rumah Sakit dilakukan di:
1.Rumah Sakit Umum Daerah Wates Jogjakarta
2.Rumah Sakit Umum Daerah Gunungsitoli Nias

Publikasi:

RSUD Wates.
Dokumen SOP akuntansi RSUD Wates dibuat menyesuaikan kondisi alur keuangan yang sudah ada di rumahsakit tersebut. Beberapa bagian yang dirasa belum optimal dalam hal pengendalian internal, dilakukan perubahan untuk mendukung pelaksanaan SOP. Adanya SOP tersebut, sangat membantu bagian keuangan dalam hal melakukan aktivitas-aktivitas dalam penyusunan laporan keuangan berbasis SAK.

RSD Gunungsitoli, Nias
Dokumen SIA Manual RS Gunungsitoli Nias telah selesai di buat pada tahun 2008. Mulai dari tahun 2008 sampai dengan saat ini, PMPK FK UGM melakukan pendampingan pelaksanaan implementasi SIA Manual yang meliputi prosedur-prosedur akuntansi di RS Gunungsitoli Nias. Pendampingan dilakukan setiap hari untuk menjaga supaya prosedur-prosedur yang telah dibuat dilaksanakan dengan baik. Kendala yang terdapat di RS Gunungsitoli Nias adalah tidak terdapatnya staff RS yang memiliki latar belakang akuntansi sehingga implementasi berjalan dengan lambat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s