HAK ASASI MANUSIA (HAM)

Melakukan kajian tentang hak-hak asasi manusia (HAM), haruslah di perhatikan bahwa manusia pada dasarnya di anugrahi oleh Tuhan Yang Maha Esa akal budi dan nurani yang memberikan kepadanya kehidupan. Dengan akal budi dan nuraninya itu. Maka manusia mempunyai kemampuan untuk membedakan yang baik dan yang buruk, yang akan membimbing dan mengarahkan sikap dan perilaku dalam menjalani, memiliki kebebsan untuk memutuskan sendiri perilaku atau perbuatannya. Di samping itu untuk mengimbangi kebebasan tersebut manusia memiliki kemampuan untuk bertanggungjawab atas semua tindakan yang dilakukannya. Kebebasan dasar dan hak-hak dasar itulah yang disebut hak asasi manusia yang melekat pada manusia secara kodrati sebagai anugrah tuhan yang maha esa. Hak-hak ini tidak dapat di ingkari. Pengingkari terhadap hak tersebut berti mengingkari martabat kemanusiaan. Oleh karena itu, negara,pemerintah, atau organisasi apapun mengemban kewajiban untuk mengakui dan melindungi hak-hak asasi manusia harus selalu menjadi titik tolak dan tujuan dalam menyelnggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara.

Sejalan dengan pandangan di atas, pancasila sebagai dasar negara mengandung pemikiran bahwa manusia di ciptakan oleh tuhan yang maha esa dengan menyandang dua aspek yakni : aspek individualis (pribadi) dan aspek sosialis (bermasyarakat). Oleh karena itu, kebebasan setiap orang di batasi oleh hak asasi orang lain. Ini berti bahwa setiap orang mengemban kewajiban mengakui dan menghormati hak asasi orang lain. Kewajiban ini juga berlaku bagi setiap organisasi pada tatanan negara dan pemerintah bertanggungjaab untuk menghormati, melindungi, membela, dan menjamin hak asasi manusia setiap warga negara dan penduduknya tanpa dekskriminas. Atas dasar itulah kemudian perserikatan bangsa-bangsa mengeluarkan deklarasi umum tentang hak-hak asasi manusia yang pada dasarnya mengatakan bahwa :

“semua orang dilahirkan dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama.l mereka di karuniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam semangat persaudaraan” (pasal 1 PBB 1948)

“setiap orang berhak atas semua hak dan kebebasan-kebebasan yang tercantum di dalam pernyataan ini dengan tidak adanya perkecualian apapunseperti pembedaan ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa agama,politik atau pandangan lain, asal usul kebangsaan atau kemasyarakatan, hak milik kelahiran ataupun kedudukan lain. Selanjutnya tidak akan di adakan pembedaan atas dasar kedudukan politik, hukum atau kedudukan internasional dari negara yang merdeka, yang terbentuk wilayah-wilayah  perwalian, jajahan atau yang berada di bawah batasan kedaulatan yang lain. “(pasal 2 PBB-1948).

Dari kedua pasal deklarasi PBB di atas, sebagai anggota perserikatan bangsa-bangsa, indonesia mengemban tanggungjawab moral dan hukum untik menjunjung tinggi melaksanakan deklarasi dimaksud yang kemudian menetapkan undang-undang No.39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia, sebagai hukum yang mengikat warga negara. Dalam undang-undang tentang hak asasi manusia terdapat hak dan kewajiban warganegara. Beberapa hak dan kewajiban warga negara dimaksud terdiri dari :hak untuk hidup;hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan;hak mengembangkan diri;hak memperoleh keadilan;hak atas kebebasan pribadi;hak atas rasa aman;hak atas kesejahtraan;hak tut serta dalam pemerintahan;hak wanitalhak anak;

Di samping itu  terdapat kewajiban setiap warganegara yang terdiri dari kewajiban dasar manusia, menyangkut patuh kepada perundang-undangan yang berlaku, kewajiban ikut serta dalam upaya pembelaan negara, menghormati hak asasi orang lain. Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah dalam undang-undang ini terlihat dalam menghormati, melindungi,menegakkan dan memajukan hak asasi manusia yang di atur dalam undang-undang dan peraturan lainnya yang di sahkan. Termasuk hukum internasional tentang hak asasi yang di terima oleh negara republik indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s