Google bongkar jaringan penjara rahasia Korea Utara

Google bongkar jaringan penjara rahasia Korea Utara
 

Aplikasi Google Earth secara tidak terduga berhasil mengungkapkan jaringan penjara rahasia di Korea Utara. Program penjelajahan pelbagai wilayah di Bumi lewat foto satelit ini setidaknya berhasil merekam enam penjara rahasia terkenal brutal di negara tertutup itu.

Amnesty International termasuk pihak memuji kecanggihan aplikasi Google Erat itu. Para pegiat hak asasi memperkirakan lebih dari 200 ribu orang di tahan di sejumlah penjara rahasia, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Jumat (25/1).

Juru bicara Amnesty International Neil Durkin mengungkapkan para tahanan terpaksa makan tikus atau bangkai buat bertahan hidup. “Sekitar 40 persen dari mereka meninggal lantaran kurang gizi,” katanya kepada koran itu.

Dia menambahkan pemerintah Korea Utara bertahun-tahun membantah memiliki penjara-penjara rahasia untuk menyekap para penentang. Dengan temuan Google Earth ini, dia menegaskan bisa menjadi bukti untuk menekan agar pemimpin Korea Utara Kim Jong-un segera menutup kamp-kamp rahasia itu.

Bos Google Eric Schmidt mendapat kecaman lantaran bulan ini mengunjungi Korea Utara bersama seorang senator Amerika. Lawatan itu berlangsung beberapa pekan setelah uji coba rudal Korea Utara yang juga dikecam oleh Washington.

Joshua Stanton, pengacara asal Washington, Amerika Serikat, yang menyoroti persoalan hak asasi manusia di Korea Utara, berhasil mengenali tiga kamp itu, yakni Kamp 16, Kamp 22, dan Kamp Yodok. “Apa dilakukan Google dengan membantu orang-orang bercerita soal kebenaran di Korea Utara mungkin akan tergambar dalam sejarah mereka satu hari nanti,” ujarnya.

Kamp 16 berisi lebih dari 10 ribu lelaki, perempuan, dan anak-anak. Sekitar 50 ribu orang ditahan di Kamp 22 dan mereka diperintahkan saling melempar batu. Tahanan wanitanya biasa diperkosa dan 22 ribu orang meninggal di sana saban tahun. Kamp Yodok menyekap sekitar 50 ribu warga Korea Utara.

Reporter : Faisal Assegaf

http://www.merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s