5 kiat jitu bernegosiasi

Negosiasi jadi bagian yang tak bisa dipisahkan dalam dunia profesional. Baik itu dalam lingkungan kerja, pergaulan, bahkan di pasar. Sayangnya, tak semua orang punya kemampuan yang baik dalam melakukan negosiasi. Jika Anda termasuk salah satunya, berikut adalah beberapa kiat yang bisa bantu Anda agar berhasil.
 
Siapkan diri
Sebelum bernegosiasi, penting bagi Anda untuk melakukan persiapan diri. Ya, cobalah rumuskan pernyataan dan jawaban yang sekiranya bisa memenangkan posisi Anda. Dengan begitu, Anda akan dinilai sebagai sosok yang punya persiapan matang oleh lawan bicara.

Katakan keinginan
Negosiasi merupakan proses mencari titik temu agar kedua belah pihak yang terlibat saling terpuaskan satu sama lain. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah mengutarakan apa yang Anda inginkan. Sampaikanlah dengan  tegas dan percaya diri untuk meyakinkan lawan bicara.

Mendengarkan
Jangan pernah memotong pembicaraan lawan bicara saat bernegosiasi! Biarkan klien menyampaikan pendapatnya hingga selesai. Setelah itu, responlah dengan ide-ide cemerlang yang ada di pikiran Anda.

Jangan terburu-buru
Ingatlah selalu bahwa tujuan Anda bernegosiasi adalah mencari solusi terbaik. Jadi, jangan pernah memaksa lawan bicara Anda untuk mengambil keputusan dengan terburu-buru. Berikanlah dia waktu untuk berpikir.

Kontrol diri
Cobalah untuk sebisa mungkin tenang saat bernegosiasi dengan seseorang, sekalipun dalam kondisi tegang. Hasilnya: Anda akan lebih dihargai oleh lawan bicara dan bukan tak mungkin negosiasi Anda berjalan lancar (berhasil).
 

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s