5 MANFAAT BUAH NANGKA

Nangka adalah salah satu buah tropis yang bisa ditemukan di kebanyakan negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Buah ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, bijinya pun seringkali dimasak dan diolah untuk makanan.

Meski sudah sangat mengenal buah nangka, namun masih jarang sekali orang yang menyadari manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Buah nangka memiliki beberapa manfaat kesehatan hingga layak disebut sebagai makanan super. Mulai dari buah hingga bijinya mengandung banyak vitamin serta mineral. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah nangka, seperti dilansir oleh Health Me Up (14/08).

1. Sistem kekebalan tubuh
Nangka merupakan salah satu jenis buah yang kaya vitamin C. Hal ini membuat nangka sangat cocok untuk mencegah virus dan bakteri. Vitamin C dalam nangka bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sistem imun. Sistem imun yang sehat tentunya akan melindungi tubuh Anda dari penyakit dan infeksi dengan lebih optimal.

2. Mencegah kanker
selain mengandung banyak vitamin C, nangka juga mengandung nutrisi yang bisa mencegah sel kanker seperti lignan, isoflavone, dan saponin. Nutrisi ini tak hanya mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker, namun juga mendukung kehidupan sel dalam tubuh.

3. Meningkatkan pencernaan
Nangka mengandung banyak serat diet yang membuat buah ini bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Nangka bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi.

4. Kesehatan kulit
Kulit kita merupakan bagian terluar tubuh yang seringkali terpapar oleh debu, polusi, sinar UV, asap, dan lainnya. Semua hal tersebut bisa merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Buah yang kaya antioksidan seperti nangka akan membantu menangkal radikal bebas pada kulit dan menjaga kesehatannya.

5. Kesehatan tulang
Nangka juga mengandung banyak kalsium yang membantu menguatkan dan meningkatkan kesehatan tulang. Tambahkan nangka pada diet sehari-hari jika Anda memiliki masalah dengan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Selain itu, nangka juga mengandung potasium yang membantu mencegah hilangnya kalsium melalui ginjal.

Itulah beberapa manfaat hebat yang dimiliki oleh buah nangka. Jangan ragu lagi untuk menjadikan nangka sebagai salah satu buah favorit Anda!

Oleh Rian Jagat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s